Powered by Blogger.

Cara Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya



Cara Mengurangi Rasa Pahit Daun Pepaya

Siapa sih yang ngga kenal dengan lalapan daun pepaya ? pastinya sudah tidak asing lagi kan ditelinga kita apalagi kalau anda berdarah sunda pasti tidak akan asing dengan lalapan daun pepaya. Daun pepaya merupakan sayuran yang dapat menjadi pendamping makanan favorit, walaupun tekstur daun pepaya lembut, tetapi daun pepaya memiliki rasa sedikit pahit.

 Namun, banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan rasa daun pepaya yang pahit. Oleh karena itu, biasanya ketika memasak daun pepaya memerlukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

 Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya :


 1. Rebus Berkali-kali 

 Cara pertama yang dapat anda lakukan yaitu merebusnya secara berkali-kali untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Dengan cara ini, rasa pahit pada daun pepaya akan hilang atau berkurang karena larut bersama air rebusan.


 2. Rebus Bersama Daun Jambu Biji 

 Daun jambu biji selain bermanfaat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit pencernaan, juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya. Cara memanfaatkan daun jambu biji untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya yaitu remas 6-7 lembar daun jambu biji kemudian rebus bersama daun pepaya hingga daunnya matang.


 3. Gunakan Garam Kasar 

 Garam kasar juga dapat digunakan sebagai penetralisir rasa pahit daun pepaya. Anda dapat menggunakan garam kasar dengan cara yang mudah yaitu cukup dengan meremas daun pepaya dengan sejumput garam kasar hingga daunnya layu. Diamkan sejenak selama 10-15menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.


 4. Rebus Dengan Tanah Lempung 

 Merebus daun pepaya dengan tanah lempung atau tanah liat juga dapat mengurangi rasa pahit daun pepaya secara efektif. Anda dapat mencampurkan sedikit tanah liat dengan air bersih. Sebelum daun pepaya matang, cuci daunnya dengan air yang mengalir lalu rebus kembali dengan air sampai matang dan teksturnya empuk.


 5. Rebus Dengan Asam Jawa 

 Merebus daun pepaya bersama asam jawa juga dapat menambah aromanya lho, anda cukup merebus 5 butir asam jawa dengan daun pepaya hingga matang, kemudian cuci bersih.

Baca juga : Manfaat daun pepaya yang belum anda ketahui

No comments