Powered by Blogger.

5 Manfaat bawang putih yang perlua anda ketahui

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur. Pasalnya, bawang putih sangat dibutuhkan untuk memasak bahkan semua masakan membutuhkanya. Rasanya yang kuat sudah pasti ampuh menambah cita rasa hidangan yang disajikan. Selain ampuh sebagai bumbu masakan, bawang putih juga ternyata ampuh untuk menangkal berbagai jenis penyakit. Apa sajakah manfaat bawang putih untuk kesehtan? Simak manfaat bawang putih berikut. 


Manfaat bawang putih 

1. Mencegah kanker 

Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak bisa terbentuk. Hal tersebut dikarenakan kandungan PhlP yang terdapat ada bawang putih, adalah salah satu bentuk dari amina heterosikli yang dapat membantu memicu kanker payudara pada wanita dan a akan dihambat perkembanganya dan diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat dially sulfida. 

2. Mengobati keputihan 

Bawang sudah menjadi resep herbal turun-temurun karena zat-zat yang mengandung sifat antijamur dan antibakteri. Mengobati keputihan menggunakan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif, cukup dengan mengkonsumsi bawang putih dengan teratur dan juga dapat menghambat bakteri masuk ke area kewanitaan. Anda bosa mengkonsumsi bawang putih secara rutin. 

3. Mengendalikan tekanan darah 

Bawang putih memiliki kandungan polisulfida yang terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Polisulfida dapat membantu mebuka dan melebarkan pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika mengkonsumsi bawang putih selama kurang lebih 3 bulan mampu menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg. 

4. Menjaga kesehatan otak 

Berbagai gangguan yang menyerang pada otak seperti demensia dan alzheimer ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Karena kandungan antioksidan dan S-allyl-L-cysteine terbukti mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia yang terdapat pada bawang putih bertugas untuk mencegah penumpukan zat plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat. 

5. Meningkatkan kadar insulin 

Jika kalian memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, dan tidak ingin terserang penyakit diabetes. Tidak usah repot-repot untuk mengeluarkan uang banyak, cukup dengan mengkonsumsi bawang putih. Karena zat-zat yang terkandung pada bawang putih dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan membantu menhendalikar kadar gula darah dalam tubuh. 



No comments