Powered by Blogger.

Berbagai nutrisi dibalik manfaat bawang bombay

Bawang bombay umum digunakan untuk tambahan dalam masakan. Selain sebagai penambah rasa pada masakan bawang bombay juga memiliki banyak manfaat untuk kesahatan. Tanaman ini juga mengandung banyak nutrisi dan zat yang diduga perpengaruh terhadap kesehatan.. jangan heran jika bawang bombay sering digunakan sebagai obat-obatan. 

Jika dibandingkan dengan bawang putih yang sudah terkenal manfaatnya, belum banyak yang tahu manfaat bawang bombay untuk kesehatan. Bawang bombay adalah tanaman yang umumnya sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan. Selain aromanya yang sedap, bawang bombay juga ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. 


Nutrisi bawang bombay 

Bawang bombay adalah bahan makanan yang rendah kalori dan kaya akan vitamin, antioksidan, mineral serta serat. Bawang bombay sama sukali tidak mengandung lemak trans dan sangat sedikit mengandung lemak jenuh. 

Dalam 100n gr bawang bombay, mengandung kurang lebih 1,7 gr serat, 40 kalori, 1,1 gr protein, 4,2 gr gula dan 9,3 gr karbohidrat. Selain itu bawang bombay juha mengandung vitamin C, vitamin B6, folat dan kalium. 

Manfaat bawang bombay 

Zat-zat yang terkandung didalamnya menentukan manfaat bawang bombay untuk tubuh. Beberapa klaim manfaat bawang bombay yaitu mampu mengurangi resiko kanker usus besar, kanker lambung, kanker prostat, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan tekanan darah. Berikut manfaat lain dari bawang bombay berdasarkan penelitian: 

1. Bawang bombay dipercaya efektif untuk menghilangkan luka. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak bawang bombay kurang lebih selama 10 minggu, maupun memperbaiki luka yang membekas setelah operasi. 

2. Kadar gula darah penderita diabetes dapat turun apabila mengkonsumsi 100 gr bawang bombay setiap hari. Namun hal tersebut belum mendapatkan pembuktian yang cukup karena masih minimnya penelitian klinis untuk membuktikanya. 

3. Ekstrak dan minyak esensial bawang bombay dipercaya dapat membantu menekan tumbuhnya bakteri. 

4. Menurut seorang penelitian, mengkonsumsi bawang bombay dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang. 

5. Mengkonsumsi bawang bombay juga dipercaya dapat menurunkan resiko terhadap berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar dan kanker lambung. Hal tersebut dikarenakan antioksidan yang terdapat pada bawang bombay berperan sebagai anti radang dan juga mampu menurunkan resiko kanker tertentu.

No comments