Powered by Blogger.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu Jahe juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan minuman hangat, contohnya susu jahe, wedang ronde/ jahe, dan sekoteng.tidak hanya itu jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal/tradisioanal.Tidak hanya jahe biasa yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal, jehe merah juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal/tradisional bagi masyarakat. 

Jahe merah adalah salah satu jenis dari jahe-jahean, jahe merah memiliki karateristik yang berbeda dengan jahe yang lainya. Jahe merah atau zingiber officinale van. rubrum mempunyai kulit yang berwarna kemerah-merahan dan bagian dalam berwarna merah muda hingga kuning, berbeda dengan jahe biasa. Jahe merah mempunyai ukuran lebih kecil dari jahe biasanya. Selain itu jahe merah juga mempunyai rasa dan kandunganya pun berbeda. Jahe merah ini memiliki rasa yang lebih pedas dan lebih pahit dari jahe biasanya. 


Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan: 

1. Mencegah masalah pencernaan 

Ekstrak minyak jahe merah mampu melindungi sistem pencernaan anda dari berbagai bakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen anti bakteri yang terkandung pada jahe merah mampu melawan bakteri jahat seperti staphylococcus aureus, escherichia coli, dan salmonella enteriditis. 

2. Membantu mengatasi radang otot 

Dari berbagai kandungan jahe yang bertindak sebagai antiperadangan sehingga dapat membantu anda melawan peradangan kronis maupun akut. Komponen aktif pada jahe seperti gingerdione, gingerol dan zingeron dapat membantu menghambat enzim lipoksigenase dan siklookgenase. Sehingga dapat menurunkan prostagladin dan leukotrien sebagai pemicu peradangan. Jahe merah juga mengandung oleoresin lebih tinggi dibandingkan dengan jahe biasanya. Dimana oleoresin juga bisa bekerja sebagai anti peradangan. 

3. Membantu meningkatkan kesuburan pria 

Jahe mempunyai kandungan antioksidan dan mempunyai aktivitas androgenik. Jadi, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa jahe merah dapat membantu meningkatkan jumlah hormon testoren sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. 

4. Mengobati batuk 

Kandungan yang terdapat pada jahe merah dapat membuat otot di area tenggorokan menjadi lebih rileks. Tidak hanya itu, jahe merah juga memberikan kehangatan di sekitar tenggorokan. hal tersebut yang dapat menjadikan jahe merah sebagai obat batuk. Selain untuk mengobati batuk, jahe merah juga dapat mengobati radang pada tenggorokan. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit, kita harus meningkatkan kekebalan tubuh atau imun/imunitas. Jika tubuh kita kuat, maka bakteri atau virus secara tiodak langsung akan mudah ditangkal oleh tubuh kita. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda bisa meminum jahe secara rutin, karena jahe berfungsi sebagai antioksidan. 

2 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete