Powered by Blogger.

Mengenal Penyakit Paru Obstruktif (PPOK)

Perkembangan peradaban manusia yang semakin maju, ternyata juga memunculkan berbagai macam gangguan kesehatan yang berfariasi. Salah satunya yaitu gangguan pernapasan yang sering disebut dengna PPOK (Penyakit Paru Obstruktif). Apa itu penyakit paru obstruktif, bagaimana gejalanya dan juga apa penyebabnya ? Mari kita simak pembahasan singkat berikut ini. 

Pengertian PPOK

penyakit paru obstruktif

PPOK merupakan singkatan dari penyakit paru obstruktif, yaitu sebuah gangguan pada paru – paru berupa peradangan yang membuat sirkulasi udara di dalam paru – paru menjadi tidak lancar, sehingga para penderita PPOK kebanyakan mengeluhkan sesak nafas dan nafas sering tersengal – sengal.

Gejala PPOK

Seperti yang sudah kita jelaskan sedikit diatas bahwa gejala umum yang muncul pada penderita PPOK yaitu mengalami sesak nafas, kelelahan yang berlebihan terutama pada saat aktivitas fisik serta batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Seringkali batuk disertai dengan dahak berwarna kehijauan. 

Diagnosa Penyakit PPOK

Penyakit ini tidak seperti penyakit lainnya, timbulnya gejala biasanya tidak serta merta muncul pada saat penyakit di fase awal. Melainkan gejala itu muncul setelah sekian tahun. Diagnosa PPOK pertama dilakukan cek oleh dokter dan melihat keluhan – keluhan yang dialami. Kemudian dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan alat spirometer untuk mengukur kapasitas volume udara dalam paru – paru saat bernafas. 

Faktor Resiko
Beberapa orang yang memiliki faktor resiko penyakit ini diantaranya sebagai berikut :
  • Perokok (aktif/pasif)
  • Usia paruh baya
  • Terpapar polusi udara dalam waktu lama
  • Faktor keturunan
Penanganan Dan Pencegahan

Pengobatan PPOK dilakukan dengan melakukan terapi dan juga obat – obatan untuk mengurangi gejala sesak nafas yang dialami oleh penderita. Sedangkan untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan menghindari segala kemungkinan yang akan membuat anda terkena serangan PPOK seperti berhenti merokok, gunakan masker saat anda bekerja dalam kondisi paparan polusi udara. Dan lain sebagainya.

No comments